Resep Makanan: Ayam Goreng Mentega ala Mama Nung

 Assalamu'alaikum wr.wb.

Pada kesempatan kali ini, aku mau share resep ayam goreng mentega ala Mama Nung. Bahannya simple dan ga sulit. Prosesnya juga mudah, insyaAllah cocok di semua lidah orang.

Gambar 1. Ayam Goreng Mentega

Bahan-bahan:

- ayam kampung, ayam negri, atau pejantan tergantung selera

- daun salam

- bawang putih

- bawang bombay

- mentega

- minyak goreng

- kecap manis

- asam jawa

- tomat

Tahapannya sebagai berikut:

  1. Ayam dipotong menjadi 8 bagian, kemudian setelah dibersihkan direbus dulu dengan daun salam, asam jawa 1 sendok teh, dan garam 1 sendok makan. Direbus selama kurang lebih 30 menit. Hal ini untuk memastikan ayam sudah matang sampai ke dalam.
  2. Sambil menunggu ayam cincang bawah putih. Kemudian iris halus bawang bombay sesuai badannya. Tomat juga diiris halus.
  3. Setelah matang, ayam didiamkan kemudian ditiriskan sebentar. Lalu panaskan minyak goreng dengan api sedang besar. Setelah minyak panas, masukkan goreng ayam sampai terlihat kuning kecoklatan. Kemudian angkat.
  4. Tahapan selanjutnya adalah menumis bumbu. Untuk tumis bumbu menggunakan mentega dan minyak goreng, kemudian masukkan bawang putih sampai wangi, kemudian bawang bombay. Setelah layu masukkan kecap, tomat, penyedap (jika mau), garam. Setelah wangi, terakhir masukkan ayamnya. Diaduk-aduk sampai rata dan sudah selesai.
Semoga cocok ya dengan lidahnyaa... Selamat mencobaa


0 comments:

Post a Comment