Resep Makanan: Terong Teri Balado ala Mama Nung

 Assalamu'alaikum wr.wb.

Untuk resep kedua yang mau dishare kali ini adalah resep makanan terong teri balado ala Mama Nung. Bahannya simple dan cara masaknya pun simple. Aku share yaa semoga cocok rasanya.




Bahan-bahan:

- terong ungu 3 

- cabe merah 15

- cabe rawit 2

- bawang merah 3

- ikan teri nasi 50 gram

- tomat setengah, diiris tipis-tipis

- minyak goreng, garam, gula atau penyedap (sesuai selera)


Tahapan:

  1. Potong-potong terong sesuai ukuran yang diinginkan. Kalau aku biasanya 1 terong besar menjadi 6 bagian. Kalau terong kecil jadi 4 bagian.
  2. Rendam terong dalam air hangat dan diberikan garam sedikit (sejumput). Direndamnya sebentar saja sekitar 5 menit supaya meresap garamnya.
  3. Untuk sambalnya, bawang merah, cabe merah, dan cabe rawit ditambah sedikit garam diulek sampe hancur, teksturnya kasar jadi masih terasa tekstur cabainya.
  4. Saat terong sudah direndam, panaskan minyak sampai setengah panas kemudian masukan terong. Digoreng sebntar hingga setengah matang kemudian tiriskan.
  5. Setelah terong selesai, masukan teri, goreng sebentar kemudian ditiriskan.
  6. Kurangi minyak bekas menggorang, kemudian masukkan sambal yang telah disiapkan ke dalam minyak tersebut, lalu masukan garam, gula atau penyedap. 
  7. Setelah harum, masukkan tomat, aduk hingga tomat layu kemudian masukkan terong dan teri. Aduk rata hingga semua bumbu tercampur.
  8. Makanan siap disajikan

SILAKAN MENCOBA 😁😍

0 comments:

Post a Comment