Resep Makanan : Telur Balado Mama Nung

 Assalamu'alaikum wr.wb. 😁

Untuk kali ini post nya berbeda dari yang sebelum-sebelumnya. Aku berencana buat tema baru yaitu sharing resep yang diberikan oleh almarhum mama mertua aku, Mama Nung. Mama Nung itu pinter banget masak. Aku yang tadinya ga bisa masak jadi bisa karena resep-resep yang termasuk simple untuk diterapin di masak sehari-hari.

Kali ini aku mau share resep cara buat Telur Balado ala Mama Nung.


Bahan-bahannya:

- Telur : 4 butir

- Cabai merah : 12-14 buah ( tergantung ukuran cabainya)

- Cabai rawit merah : 2 - 3 buah

- Bawang merah : 4 biji (ukuran besar)

- Tomat merah : 1/2 (kalau ukurannya kecil pakainya 1)

- minyak goreng secukupnya

- garam dan gula sesuai selera


Tahapannya

  1. Rebus telur sekitar 10 menit jika sebelumnya telur dalam suhu ruang, 15 menit jika sebelumnya telur langsung dari kulkas.
  2. Sambil menunggu telur direbus, kita persiapkan sambalnya. Untuk memproses sambalnya bisa menggunakan 2 cara, yaitu dengan chopper atau diulek, yang penting jangan terlalu halus hasil pemrosesannya supaya masih terasa tekstur dari cabenya. Tapi kalau memang sukanya halus, silakan saja. Yang diproses untuk sambal ini adalah bawang merah, cabai merah, dan cabai rawit merah. Setelah sambalnya selesai diproses, disisihkan terlebih dahulu. 
  3. Proses selanjutnya adalah mengiris tomat merahnya. Tidak perlu tipis. Jika sudah disisihkan dahulu.
  4. Saat telurnya sudah matang. Jangan lupa dicelupkan ke air dingin terlebih dahulu ya untuk membantu mempermudah proses pengelupasan kulitnya. 
  5. Saat telur sudah dikupas semuanya, siapkan minyak goreng secukupnya. Minyak ini akan digunakan untuk menggoreng telur dahulu supaya telurnya terasa lebih gurih saat akan dicampur dengan sambalnya. Api yang digunakan adalah kecil ke sedang. Saat minyak sudah cukup panas, masukan telur nya. Dibolak balik sampai berwarna kecoklatan kemudian diangkat dan disisihkan.
  6. Tahapan selanjutnya menggorengnya sambalnya. Untuk minyaknya menggunakan minyak bekas goreng telur, namun dikurangi jumlahnya. Api yang digunakan adalah kecil ke sedang. Saat minyak sudah terlihat ada gelembung-gelembung, sambal yang telah diproses dimasukkan ke dalam minyak tersebut, kemudian diaduk-aduk sampai wangi. Setelah wangi masukkan garam, gula, serta penyedap rasa (jika ingin digunakan). Jangan lupa dicoba ya. Jika sudah sesuai, masukan telur dan yang terakhir masukkan irisan tomar. Masakan ini harus diaduk terus supaya tidak gampang gosong sambalnya. Saat tomat sudah layu dan rasanya sudah sesuai, api dapat dimatikan dan makanan siap disajikan. 
SELAMAT MENCOBA










0 comments:

Post a Comment