Penghasilan Ibu Rumah Tangga (IRT) : Part 3

 Kita masuk ke dalam bagian ketiga mengenai penghasilan yang bisa didapatkan walaupun menjadi ibu rumah tangga, alias side income atau penghasilan tambahan tanpa modal ataupun misalnya ada modal pun hanya sedikit. Salah satu pekerjaan sampingan yang sedang aku jalankan sambil menjalankan tugas utama sebagai IRT adalah menjadi affiliate.

Sistem affiliate

Gambar 1. Mekanisme Sistem Afiliasi (Sumber : https://buzzup.id)

Sistem afiliasi adalah sistem bisnis online dengan menjualkan produk atau jasa orang lain tanpa syarat apapun, dimana Anda hanya diwajibkan mendaftar tanpa perlu membeli atau memiliki produk atau jasa yang kan kita tawarkan.

Nah dari definisinya pun kelihatan kita tidak perlu mengeluarkan modal awal, gampangnya kita bertugas untuk memasarkan produk-produk tersebut. Pemasarannya pun bisa menggunakan berbagai macam media:

1. Blog

2. Youtube

3. Social Media : Instagram, Facebook, Tiktok, dan lainnya

Untuk trik-trik pemasarannya bisa melihat di youtube ya, banyak banget yang udah lebih expert yang menjelaskan. Aku disini share dari perspektif aku sendiri dimana masih pemula.

Ada dua program afiliasi saat ini yang sedang aku jalankan, yang lokal dan internasional.


A. Afiliasi Lokal: Accesstrade

ACCESSTRADE dibawah Interspace Group adalah sebuah platform afiliasi asal Jepang yang sudah berdiri sejak tahun 1999 dan tahun 2013 hadir di Indonesia. ACCESSTRADE menawarkan kesempatan mendapatkan penghasilan bagi para pemilik blog/website, memberikan sistem promosi digital yang efektif dan efisien untuk para pemilik produk.

Di platform ini untuk publisher yang sudah mendaftar, bisa memilih perusahaan mana yang akan dipasarkan oleh kita. Tahapannya sebagai berikut:


1. Mendaftar sebagai publisher

Untuk pendaftaran tidak ada biaya apapun ya. Bisa klik link ini untuk mendaftar -->

https://publisher.accesstrade.co.id/#/sign-up?country=id&referral_id=yufEH7BSEaRVOZsQ431%2B%2Bg%3D%3D


2. Mendaftar ke campaign yang akan dipasarkan.

Di Accesstrade ini banyak campaign dari perusahaan yang bisa kita daftar dan ikuti, misalnya shoppee affiliate, BliBli, Mothercare, Tiket.com, dan banyak perusahaan lainnya.

Untuk cara daftarnya bisa dilihat di video berikut ya.

Video: Tutorial Daftar Campaign

3. Jika diapprove oleh campaign perusahaan yang kita daftar, maka kita bisa menjalankan akan diberikan link dari campaign tersebut yang dapat kita sebarkan ke rekan atau umum, tergantung kita akan memasarkannya via media apa yang sudah kita daftarkan pada saat menjadi publisher atau social media lainnya.


B. Afiliasi Internasional: Clickbank

Clickbank adalah suatu portal/marketplace produk-produk digital seperti ebook, software, tutorial, course dan produk digital lainnya. Clickbank didirikan tahun 1998 yang berkantor di Broomfield, Colorado dan Boise, Idaho. Disini jika sudah mendaftar sebagai affiliate, kita bisa memilih ingin memasarkan produk yang mana. Dan pasarnya pun bukan hanya di Indonesia tapi internasional.

Gambar 1. Tampilan Layar Affiliate Clickbank

Di Clickbank sendiri tersedia berbagai macam produk selain yang bisa kita tawarkan, namun juga bisa kita gunakan untuk menunjang peran kita sebagai affiliate. Misalnya adalah produk 12minutesaffiliate ini.

Nah misalnya kita sudah berhasil memasarkan produk dari Clickbank ini, kemudian ada yang berhasil membeli, berarti kita menerima komisinya. Komisi tersebut akan dibayarkan ke akun kita. Karena kita di Indonesia, jika kita ingin menjadi affiliate dari Clickbank maka harus membuka account di Payoneer. Nanti dari Payoneer baru di-link ke rekening bank kita di Indonesia. Kenapa ga Paypal? Karena Paypal tidak bisa digunakan untuk affiliate dari Indonesia, lebih tepatnya gada pilihannya, yang ada payoneer ini.


Kesimpulan

Sekarang masuk ke bagian kesimpulan dan pendapat saya ya. Saya baru menjalankan bisnis affiliate ini selama 2 bulan-an, jadi bisa terbilang masih baru dan masih belajar banget, jadi masih ngulik-ngulik dan mencari cara untuk menjalankan bisnis afiliasi ini. 

Cara belajarnya lewat mana? Lewat youtube dan instagram. 

Apa mungkin bisa mendapatkan penghasilan sebagai affiliate? Jawabannya bisa banget. Karena banyak di luar sana yang sudah menjalankannya dan bisa dapat. Yang penting jangan menyerah dan harus kreatif. InsyaAllah semua ada jalannya...

Bisnis ini menyenangkan kok. Karena bisa dikerjakan dimana saja, dan saat kita menemukan celahnya bisa menjadi passive income.

Jadiiii.. semangaat mencoba! 




0 comments:

Post a Comment