MPASI - SlowCooker Macaroni with Cheese Sauce

Jadi Baby D sudah berumur 9 bulan. Dari sejak awal MPASI baby D sudah banyak maunya. Hahahaha. Maksudnya dia gamau makanannya terlalu encer dan sama tiap hari. Jadinya emaknya yang kelimpungan nyari-nyari dan nyoba-nyoba menu makanan baru. Nah pas lagi kebingungan akhirnya browsing di Google pasta yang bisa dimasak pake slowcooker. Maklum emaknya pagi-pagi udah anter Kakak Q dan abang sepupunya ke sekolah jadi mulai dicicil masaknya dari pagi dan menggunakan slow cooker. Ada beberapa menu yang ditemuin tapi akhirnya nekat aja coba-coba dan hasilnya memuaskan. Baby D suka. Alhamdulillaaah. Nah aku share disini ya resepnya. Bisa dimodifikasi sendiri kalau ada yang ga cocok.

Bahan:
- 100 ml kaldu ayam
- 75 ml air biasa
- sekitar 3 sendok makan macaroni mentah
- daging giling sesuai selera, kalau aku sekitar 1 sendok makan
- 1.5 keju belcube
- sedikit parutan keju cheddar
- beberapa kuntum brokoli, karena baby D sudah 9 bulan jadi batangnya sudah sedikit diikutsertakan
- setengah sendok teh EVOO
- setengah sendok teh unsalted butter
- secukupnya oregano
- secukupnya parsley
- bawang putih setengah ruas jari digeprek dan dicincang halus.

Tahap Masak:
1. Masukkan macaroni, air kaldu, air putih, bawang putih, oregano, EVOO, dan daging giling. Kemudian aduk sedikit. Lalu nyalakan slow cooker ke settingan low. Oh iya slow cooker yang aku pakai merknya Klaz, jadi kalau low biasanya dalam 2.5 sampai 3 jam sudah matang.
2. Kemudian jika sudah matang, tandanya macaroninya sudah empuk banget ( karena untuk bayi sebaiknya jangan al dente kecuali bayinya sudah bisa makan yang agak keras) masukkan brokoli, butter, keju belcube dan cheddar. Kemudian aduk sedikit lalu tutup lagi. Tunggu hingga 45 menit.
3. Setelah 45 menit keliatan kejunya sudah menyatu dengan air dan sudah mulai mengental airnya. Taburkan parsley. Sekarang sudah bisa diangkat atau bisa dimasak sebentar lagi kalau ingin lebih empuk. 

Wanginya yummy banget loh. Kalau buat orang dewasa tinggal ditambah garam saja. Yuuuuummmmm
Selamat mencoba.




0 comments:

Post a Comment