TKAI Kedondong

Memasuki semester kedua di preschool, aku mulai mencari-cari TK buat Kiya. Di sekolah Kiya sekarang ada TK tapi.... SPP nya itu looh. Akhirnya memutuskan mencoba mencari alternatif TK lain buat perbandingan. Dan jatuhlah pilihan ke TKAI yang di Kedondong ini.
TKAI yang di kedondong ini cabang dari TKAI yang di Cipete. Jam sekolahnya pkl 08.00 - 11.00, setiap hari dari hari Senin - Jumat. Kecuali kalau ada ekskul biasanya kegiatan ekstrakurikuler dimulai dari jam 11 - 12. 

Pas Kiya lagi sekolah, aku langsung cuss naik ojek online ke TKAI Jagakarsa ini buat beli formulir. Oh iya biaya formulirnya 200 ribu. Langsung isi form, bayar lalu anak dijadwalkan untuk trial. Kiya dapat jadwal hari Selasa minggu depannya di bulan Januari 2017 ini. Waktunya jam 8 - 10. PR banget buat bangunin Kiya. Karena di sekolahnya sekarang masuknya jam 9. Nah karena trial jam 8 berarti Kiya harus bangun jam 6, terus jam 7 berangkat. Semangat!! Yoosh

Tibalah hari untuk trial. Dan ternyata hari Kiya trial merupakan hari yang sama  dengan sidang salah satu pejabat. Berarti harus berangkat jam 7 krg. Dan perjalanan pun dimulai. 😥. Setelah perjuangan menempuh kemacetan akhrnya sampailah juga di TKAI jam 08.15. Telat 15 menit 😒. Gapapa lah semua sudah mengerti.
Pas sampai, langsung masuk ke ruang Tata Usaha dulu untuk mendapatkan stiker label nama. Kemudian diantar ke aula untuk senam pagi. Karena pada dasarnya Kiya senang nari, semangatlah dy buat ikutan senam.
Setelah selesai senam anak2 langsung masuk ke kelas. Kiya diajak oleh guru kelas lokasi Kiya trial. Oh iya, di TKAI ini anak dan orang tua yg intip kelas dibedakan kelasnya. Seperti kiya di A2, aku intip kelas di A1. Hal ini sekaligus mengetes kemandirian anak.
Pada saat masuk ke kelas anak2 lepas sepatu. Dan duduk membuat lingkaran di karpet. Ada lagu pembuka dan lain2. Hal ini ga jauh beda dengan di sekolah Kiya sekarang perbedaannya hanya mayoritas menggunakan bahasa Indonesia.
Hal lain yang diperhatikan adalah setiap anak sudah ada meja nya masing2 yang diberikan nama anak. Jadi anak2 harus duduk sesuai dengan meja yang ada nama anak tersebut. Hal ini berbeda dengan sekolah Kiya sekarang dimana setiap anak bebas berpindah2.
Di sekolah ini juga setiap anak juga sudah mendapatkan loker dimana di loker tersebut sudah ada peralatan menulis dan menggambar dan alas makan. Anak2 duduk di kursi jika akan melakukan aktivitas tulis menulis. Selebihnya dilakukan di karpet. Hal ini tidak jauh beda dengan sekolah Kiya sekarang.
Pada kegiatan circle time / awal hari yang menarik perhatian adalah ada 1 anak yg membawa buku kemudian membaca buku tersebut( bisa baca atau hanya menceritakan gambar) kemudian ada proses tanya jawab antara teman2nya dengan anak tersebut. Disini terlihat anak2 dilatih keberanian bertanya dan analisa logika nya. Salut juga terhadap kreativitas anak yg bertanya dan menjawab.
Kemudian datanglah waktu untuk snack time. Anak-anak diharuskan untuk cuci tangan kemudian makan. Ok. Disini ada urutan yang berbeda. Di skolah kiya, sebelum anak-anak cuci tangan,semua doa bersama. Kemudian baru cuci tangan dan lanjut makan. Setelah makan diarahkan untuk gosok gigi. Di sekolah ini tidak dibiasakan. Memang hal remeh tapi ternyata menjadi salah satu unsur yang lumayan.
Dan selesailah waktu intip kelas, sudah ajm 10. Orang tua yang trial dipanggil untuk tanya jawab dengan kepala sekolah. Salah satu yang membuat penasaran adalah jadwal pelajaran. Jadi di TKAI ini tematik. Jadi berdasarkan tema pada beberapa minggu tersebut. Jadi ada jadwal terstruktur setiap harinya tapi anak2 tidak diinformasikan di awal. Untuk ekskul yang wajib ada drumband dan science. Sedangkan untuk ekskul pilihan ada iqro dan renang.
Pada jam 10 tersebut seharusnya Kiya juga harus sudah keluar kelas tapi ternyata Kiya masih betah. Jadilah aku menunggu sampai dengan jam 11 (waktu bubar sekolah). Untuk pengumuman anak diterima atau ga, akan dikirimkan surat via email yang dituliskan pada form pendaftaran. Canggih ya jaman sekarang 😄
Setelah selesai trial Kiya kalau ditanya bilangnya senang di sekolah itu. Salah satu penyebabnya sekolah ini dulu sekolah abang sepupunya Kiya. Jadi namanya anak kecil pasti seneng2 aja.
Ya kita liat nanti saja ya jadinya melanjutkan dimana. 😊😆

Oh iya soal biaya kisarannya aja ya untuk 2017-2018
Uang pangkal keseluruhan 17 jutaan (sudah sampai TK B).
Uang tahunan pada saat mau ke TK B 3.250.000
SPP 900 ribu per bulan

0 comments:

Post a Comment